Image default
Uncategorized

Asyik, Warga Karawang Dibagi 2,5 Ton Ikan Segar

 

 

Asyik, Warga Karawang Dibagi 2,5 Ton Ikan Segar

 

Selama pandemic Covid – 19  melanda lebih dari setahun ini, masyarakat tergerak saling berbagi. Yang paling umum adalah berbagi paket – paket bahan makanan pokok (Sembako) bagi masyarakat lain yang kurang mampu. Namun, yang dilakukan pegawai Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang melalui Koperasi KPRI Graha Mina kali ini unik, karena jarang dilakukan. Bantuan mereka tebarkan bukan Sembako, melainkan ikan segar, yaitu ikan nila, lele, dan bandeng. Gak tanggung – tanggung jumlahnya, sampai 2,5 ton.

BLUPPB Karawang memang berada dalam koordinasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pekerjaan mereka fokus pada pengembangan perikanan, salah satunya membudidayakan ikan nila, lele, dan bandeng. Ke-2,5 ton ikan segar yang dibagikan ini pun berasal dari para petani pembudidaya ikan. Otomatis, program berbagi ikan segar ini pun tidak hanya menjadi berkah bagi penerimanya, tetapi juga para petani pembudidaya ikannya yang tersebar di 6 Dusun di Kecamatan Cilebar, Karawang dengan jumlah sekitar 1.838 keluarga.

Kabar tentang program berbagi ikan segar ini diinformasikan dalam siaran pers di laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Kamis (13 Mei 2021).

“Kegiatan tersebut diinisiasi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dengan tujuan mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi ikan sebagai makanan bergizi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, dengan meramaikan lebaran dengan menu ikan segar hasil budidaya,” papar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam keterangannya sesaat setelah membagikan langsung ikan segar hasil budidaya secara simbolis kepada masyarakat penerima paket ikan segar hasil budidaya, awal pekan ini.

Slamet menambahkan asam lemak tidak jenuh esensial seperti EPA dan DHA yang terkandung dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah stres. EPA dan DHA sangat dibutuhkan tubuh guna membantu menjaga kesehatan tubuh. Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan imunitas tubuh demi mencegah Covid-19.

“Pembagian ikan segar hasil budidaya sebagai menu lebaran merupakan wujud solidaritas sesama manusia di tengah ancaman pandemi Covid-19 yang belum berakhir, serta dalam rangka mengajak masyarakat untuk tetap selalu rajin mengonsumsi ikan sebagai asupan protein sekaligus upaya menangkal virus Covid-19,” ujar Slamet.

Slamet menjelaskan pembagian ikan segar hasil budidaya ini merupakan hasil pengumpulan donasi para pegawai BLUPPB Karawang, sehingga tidak menggunakan dana APBN. Paket ikan segar tersebut dikemas secara higienis dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan pangan sumber protein hewani yang relatif tinggi nilainya dengan harga yang terjangkau.

Slamet mengungkapkan semangat gotong royong dari para pegawai UPT DJPB ini luar biasa, disela-sela kesibukannya mereka masih bisa meluangkan waktu, tenaga dan menyisihkan rezekinya untuk bisa terus berbagi pada sesama manusia selama bulan Ramadhan ini. Lebaran seharusnya waktu mereka untuk keluarga, namun mereka tetap semangat dan produktif serta optimistis menghadapi pandemi Covid-19, dengan tidak mudik supaya ibu pertiwi tercinta cepat pulih.

Bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 merupakan momen yang tepat untuk membangun solidaritas terhadap sesama manusia. “Semangat terus berbagi dari para pegawai UPT DJPB walau tidak dapat bertemu dengan keluarga di saat lebaran. Semoga kegiatan kemanusiaan ini penuh berkah dan membawa kebaikan untuk kita semua di bulan Ramadhan di tengah pandemi yang belum berakhir ini,” jelas Slamet.

 

Related posts

Cek Deh, Ada Lomba Berkumur Nih

dadali

Beredam Air Panas di Garut Bakal Kian Dekat, Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap Siap Dibangun Konsorsium Jasa Marga

dadali

Ashanty: Kepergian ke Turki Dilakukan Sebelum Tahu Omicron

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)