Image default
Bugar Headline

54 juta Orang Penuhi Syarat Vaksinasi Booster Kedua COVID-19 Gratis

54 juta Orang Penuhi Syarat Vaksinasi Booster Kedua COVID-19 Gratis

 

BIKINRILIS.COM —  Pandemi COVID – 19 memang terus melandai. Namun, pemerintah telah memutuskan untuk menggelar kembali program vaksinasi, kali ini untuk vaksinasi booster kedua COVID-19, atau vaksinasi ke – 4.

Sebanyak 54 juta masyarakat umum yang sudah booster pertama, eligible (sudah melewati 6 bulan) untuk mendapatkan tiket booster kedua telah diundang untuk vaksinasi.

“Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, segera datang ke fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing,” ujar Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Muhammad Syahril di Jakarta, belum lama ini.

 

Baca Juga:

Indonesia Kerahkan Polisi, Kejar Target Vaksinasi 26 Juta Anak

Daerah yang Lambat Vaksinasi, Diganjar Sanksi

Vaksinasi Covid -19, Kado Terindah di Masa Pandemi

 

Jadi, bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas sudah layak mendapatkan vaksin booster kedua mulai 24 Januari 2023 secara serentak di seluruh Indonesia. Tiket vaksinasi booster kedua ini telah didistribusikan secara bertahap mulai 24 Januari 2023.

Syarat

Sama seperti syarat vaksinasi sebelumnya, tiket vaksinasi diutamakan untuk mereka yang sudah lebih dari 6 bulan mendapatkan vaksinasi booster pertama. Sementara secara bertahap seluruh sasaran dengan usia > 18 tahun akan mendapatkan tiket booster kedua.

Syahril menjelaskan, pemberian booster kedua dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 53 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan pengendalian COVID-19 pada masa transisi Menuju Endemi.

 

Baca Juga:

Kemenkes: 99 Anak Meninggal Akibat Gagal Ginjal, Rentang Agustus – Oktober 2022

Tren Dampak Covid – 19 Menurun, Tingkat Kematian Luar Jawa dan Bali Sepertiga Kasus Nasional

Hanya Punya 1 Pabrik Vaksin, Indonesia Perlu Genjot Industri Vaksin

 

Mengingat pentingnya pemberian vaksinasi booster, Syahril menghimbau kepada seluruh Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Kesehatan provinsi/kabupaten/kota, agar segera melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi booster kedua di daerahnya masing-masing.

“Dengan demikian, target minimal 70% masyarakat sudah mendapat dosis primer lengkap dan minimal 50% masyarakat sudah mendapat vaksinasi dosis booster dapat segera tercapai,” ujarnya. (*)

Related posts

Setengah Mustahil, Dana Bergulir Akhirnya Kembali Rp 950 Miliar

dadali

Presiden Joko Widodo Terima 21 Nama Calon Anggota Dewan Komisoner OJK

dadali

Momentum Erick Thohir Bertemu Gianni Infantino dan Thomas Bach di Bali

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)