Image default
Daerah Nasional

Ekspor 136 Kali, Ikan Lampung Kian Mendunia

Ekspor 136 Kali, Ikan Lampung Kian Mendunia

 

BIKINRILIS.COM — Produk perikanan asal Provinsi Lampung terus mengalir ke luar negeri. Hanya dalam hitungan bulan, setidaknya 136 kali ekspor yang tercatat oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tingginya frekuensi ekspor dari Lampung tersebut tidak terlepas dari upaya menjaga kualitas produk perikanan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP secara aktif.

 

BKIPM memastikan Quality Assurance produk perikanannya dengan pendampingan nelayan dan pembudidaya agar mendapatkan health certificate atau sertifikat kesehatan ikan, cara karantina ikan yang baik (CKIB), hazard analysis critical control point (HACCP), serta sertifikat yang dibutuhkan sebagai penjaminan kualitas dan mutu produk perikanan. Tujuannya agar produk perikanan Lampung diterima oleh pembeli global, sehingga Lampung semakin mendunia.

 

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan  (BKIPM) Lampung, Ashari Syarief mengungkapkan, peran tersebut dibuktikan dengan pengiriman udang sebanyak 85 kali selama Februari 2022.

 

Baca Juga:

Kementerian Kelautan dan Perikanan Hentikan Penambangan Timah di Perairan Bangka

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Patok KUR 2022 Rp 8,98 Triliun

Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia Hentikan Tambang Pasir Laut Ilegal

 

Selain udang, di bulan Februari 2022, BKIPM Lampung juga 13 kali mengirim rajungan, 17 kali ikan beku, 7 kali cumi, dan 4 kali rumput laut ke pasar internasional. Sebagai komoditas utama, udang betul-betul kita perhatikan agar semakin diterima di pasar global. Alhamdulillah Februari kemarin kita kirim sampai 85 kali. Kami kawal betul jangan sampai ada penolakan (dari pembeli). Ekspor bulan Januari 2022 lalu, semuanya lolos,” kata Ashari akhir pekan lalu.

 

Negara Tujuan Ekspor

Related posts

Sorgum dan Porang, Jadi Strategi Mitigasi Krisis Pangan Indonesia

dadali

Meriahkan MotoGP Mandalika 2022, BNI Gerakkan KAWAN 

dadali

Untuk Pertama Kalinya, 1,76 Juta Nelayan Dapatkan Bantuan Tunai

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)