Image default
Bursa Keuangan

Erick Thohir Kunjungi BNI Amsterdam: Tangkap Peluang Pasar Global

Erick Thohir Kunjungi BNI Amsterdam:

Tangkap Peluang Pasar Global

BIKINRILIS.COM — Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir serius mendorong perbankan Indonesia untuk mengglobal. Bank asal Indonesia yang mendapatkan mandat khusus Erick untuk menjadi bank bertaraf Internasional asal Indonesia adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI. Untuk itulah, Erick mengunjungi salah satu kantor cabang luar negeri bank BUMN yang berkode saham BBNI ini di Amsterdam, Belanda.

Erick meminta agar BNI terus mengoptimalkan kekuatan kantor cabang luar negeri untuk menangkap kesempatan bisnis yang terus tumbuh. Setali tiga uang, BNI pun terus memboyong nasabah Go Global sekaligus menarik investor ke Indonesia dengan memanfaatkan jaringan internasionalnya. Bank ini memang memiliki kantor cabang di berbagai pusat keuangan dunia, yaitu Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, New York, London, Amsterdam, dan Osaka.

Erick mengunjungi Kantor BNI Representative Office Amsterdam (BNI Amsterdam) di Amsterdam pada 2 September 2022, pekan lalu. Erick menyampaikan BNI memiliki tugas untuk membawa pelaku usaha Indonesia masuk ke level kompetisi yang lebih tinggi, yakni kancah global.

Tak sekadar pembiayaan, menurutnya, BNI juga bertugas melakukan pendampingan berkelanjutan guna memastikan potensi ekspansi internasional tergarap secara optimal.

“Hari ini kita melihat kantor representative BNI Amsterdam. Ini wujud nyata dari BUMN bersama BNI untuk membuat pelaku usaha Indonesia tidak hanya jago kandang,” katanya.

 

Baca Juga:

BBNI Pertahankan Kinerja Sehat, Dapat Pasokan Direksi Baru

Tiket Murah, BNI – Garuda – Lion Kerja Sama Tekan Harga

 

Jago Kuliner di Belanda

Lebih lanjut, Erick menyampaikan BNI dapat mengoptimalkan potensi usaha para diaspora Indonesia di Belanda. Dia menyampaikan, diaspora Indonesia punya potensi besar bidang kuliner di Belanda.

Erick menyebut, saat ini terdapat 420 diaspora Indonesia yang memiliki usaha restoran di Belanda dan membutuhkan banyak dukungan khususnya dari sisi bahan baku. BNI dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dengan menghubungkan dengan para pemasok bahan baku di Indonesia dengan harga terjangkau.

“Tujuan BNI dengan kantor representatif Amsterdam ini untuk merajut kembali hubungan dengan diaspora yang merupakan potensi pertumbuhan ekonomi kita ke depan, enggak boleh ditinggalkan,” ujarnya.

 

Mesin Internasional BNI

Secara terpisah Direktur Corporate & International Banking BNI Silvano Rumantir menyampaikan, perseroan berupaya menyediakan solusi dan layanan yang lebih baik dengan target nasabah domestik dan luar negeri. BNI juga menyempurnakan operating model untuk meningkatkan produktivitas dan hasil dari mitra BNI.

“Representative Office Amsterdam BNI ini masih baru, tapi kami telah menerima apresiasi dan ajakan kerjasama yang cukup banyak. Kami yakin, kantor ini akan menjadi salah satu engine untuk mendorong kinerja international banking BNI,” katanya.

Silvano mengatakan pada tahap awal ini BNI Amsterdam akan fokus melakukan riset pasar, pemetaan bisnis dan menyediakan layanan dukungan kepada Nasabah BNI. Perseroan juga menjalin hubungan dengan lembaga keuangan lain dan bertukar informasi dengan lembaga tersebut.

 

Baca Juga:

BNI Kebanjiran Transaksi, Melalui Layanan BNIDirect Catat Rp 2.587 Triliun

Joko Widodo: Rumuskan Skema Bunga Murah dan Uang Muka Kredit Alsintan

 

Selain itu, BNI Amsterdam bertugas membantu BNI London dalam mencapai pipeline pinjaman korporasi dan diaspora local sekaligus mempromosikan perdagangan dan investasi antara Belanda. BNI Amsterdam akan banyak mengadakan acara pertemuan perusahaan dengan Badan Usaha Milik Negara dan Kedutaan Besar lainnya di Benua Eropa.

Tentunya kantor representatif ini akan banyak  mengunjungi Diaspora di negara EU  lain selain Belanda untuk memperluas jaringan dan hubungan

“Tentunya secara bisnis, beberapa target yang akan kami capai di awal periode pembukaan ini adalah peningkatan kinerja loan and trade dari korporasi dan diaspora, bisnis matching untuk mitra BNI Xpora, serta meningkatkan bisnis remittance,” sebutnya. (*)

Related posts

Jalan Tol Pertama di Bengkulu Ini Mulai Dikenai Tarif Rp 22.000 – Rp 44.000  

dadali

Himbara PLN Kerjasama Pendanaan, Kerja Target Net Zerro Emission Tahun 2060

dadali

Sri Mulyani Bahas IndoAID dengan Perancis

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)