Image default
Pangan

Udang Nusa Dewa yang Menjanjikan, Andalan Indonesia Kejar 2 Juta Ton Pada 2024

Udang Nusa Dewa yang Menjanjikan,

Andalan Indonesia Kejar 2 Juta Ton Pada 2024

BIKINRILIS.COM —  Program induk udang vaname unggul Nusa Dewa yang diluncurkan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada akhir Oktober tahun lalu, menujukkan progres cukup signifikan. Program tersebut siap menopang peningkatan produksi udang nasional.

Hal ini terungkap dalam kunjungan kembali Menteri Trenggono ke Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) di Karangasem, Bali, (24/1). Di unit pelaksana teknis (UPT) Ditjen Perikanan Budidaya inilah program induk udang unggul dijalankan.

 

Baca Juga:

Minyak Goreng Langka, KKP Kampanyekan Makan Ikan Pepes

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Patok KUR 2022 Rp 8,98 Triliun

Pantau Terus Inspirasi Bisnis Ini, KKP Kejar 1.000 Pebisnis Baru

 

“Ini kali kedua saya ke sini untuk memastikan dan saya surprise ternyata bukan hanya udang yang semakin baik pembangunannya atau risetnya, tapi juga ada abalone yang sudah bisa dikembangkan yang menurut saya ini satu potensi ekonomi yang bisa dilakukan masyarakat,” ungkap Menteri Trenggono di lokasi.

Progres program menunjukkan tingkat produktivitas yang baik melalui program induk udang unggul NuSa Dewa berdasarkan hasil uji performa multilokasi.

Pakan Udang

Selain induk udang, yang menjadi concernnya juga adalah soal pakan. Pengembangan terus dilakukan melalui balai-balai budidaya KKP untuk mendorong kemandirian perikanan budidaya di dalam negeri mulai dari induk, pakan, serta teknologi pendukung produktivitas lainnya.

“Jadi bukan hanya soal pembesarannya saja atau produksinya saja, tapi juga bagaimana pakan yang paling penting. Bagaimana membangun induk yang baik sampai akhirnya kita memiliki kemandirian,” bebernya.

 

Baca Juga:

Investasi Tahun 2023 Capai Rp 1.400 Triliun, Insya Alloh Tercapai

Universitas Padjadjaran Kembangkan Keramba Jaring Apung di Pangandaran

Dusun Telong Elong Ditetapkan Jadi Kampung Lobster

Indonesia Bangun 130 Pusat Budidaya Ikan, Produksi Tak Lagi Tergantung dari Alam

 

Menteri Trenggono turut mengajak pemerintah daerah bersinergi mengembangkan budidaya udang karena nilai jualnya tinggi di pasar lokal maupun global. Pemerintah menargetkan produksi udang nasional sebanyak 2 juta ton pada tahun 2024.

“Saya tadi juga sudah bicara sama pak wakil bupati, dan kepala dinas provinsi dan kabupaten untuk karena nilai ekonominya tinggi sekali, dan permintaannya juga bagus bukan hanya lokal tapi juga nasional. Ini yang bisa kita kembangkan,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri Trenggono didampingi Wakil Bupati Karang Asem I Wayan Artha Dipa dan Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu. (*)

Related posts

Jokowi Soroti Bayi Diberi Kopi, Harusnya Penyuluh BKKBN Datang Bukan Polisi

dadali

Indonesia Butuh Pabrik Minyak Makan Merah, Erick Thohir:  Anti Kelangkaan Minyak Goreng

dadali

Kementerian Agama Targetkan 10 Juta Produk Halal di 2022

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)