Halo Dosen, Tersedia Lebih dari 1.000 Beasiswa Loh

Image default
Headline

Halo Dosen, Ada 1.000 Lebih Beasiswa Loh

 

Lebih dari 1.000 beasiswa ternyata disiapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) khusus bagi para dosen maupun calon dosen. Beasiswa tersebut disiapkan demi mendorong transformasi perguruan tinggi sekaligus menguatkan semangat Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di kalangan dosen. Dukungan pendanaan yang berasal dari dana pemerintah maupun dana mandiri tersebut diselenggarakan untuk mengakselerasi peningkatan kualitas sumber daya manusian (SDM) dosen. Salah satunya adalah Program Beasiswa Gelar dan Nongelar bagi SDM Pendidikan Tinggi Akademik maupun Vokasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam mengatakan di Jakarta, akhir pekan ini, program beasiswa dimaksud antara lain program World Class Professor (WCP), yaitu program yang mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi (PT) ternama dalam negeri atau luar negeri untuk menjadi profesor kunjungan untuk ditempatkan di berbagai PT di Indonesia.

Kemudian, terdapat program magang bagi dosen muda ke perusahaan ataupun industri dan program magang bagi tenaga kependidikan (tendik) di PT yang lebih tinggi kualitasnya untuk bisa lebih mengadopsi tata kelola yang lebih baik.
Selain itu, ada juga program kemitraan dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan guru. Program ini bisa menjadi solusi atas masalah di kelas sehingga bisa terjembatani sekaligus memperkuat guru di lapangan.  Selanjutnya ada program Detasering, yaitu program berbagi dari dosen-dosen perguruan tinggi unggul yang saling berbagi antarperguruan tinggi.

Demikian disampaikan melalui Siaran Pers yang dipublikasikan Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Verifikasi Pembayaran
Click or drag files to this area to upload. You can upload up to 2 files.
Max Files : 2 MB

Nizam menyebutkan, untuk program WCP terdaoat sekitar 70 orang pesertanya, program kemitraan dosen dan guru dengan sasaran dosen LPTK sekitar 45 orang, program detasering kira-kira untuk 70 orang, dan bridging course sekitar 25 orang. Kemudian tersedia program beasiswa S2/S3 bagi dosen dan calon dosen sekitar 1.000 lebih beasiswa S3 di dalam maupun luar negeri.

Disiapkan juga program sertifikasi kompetensi untuk kualifikasi kompetensi internasional dalam bidang tertentu sebanyak 160 orang. Kemudian, program magang dosen di industri ataupun lembaga riset di dalam maupun luar negeri, terdapat sekitar 370-an orang.

Ada lagi Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) untuk menggairahkan kembali (recharging) pengembangan SDM sebanyak 20 orang, Post Doctoral sekitar 20 orang, dan Erasmus Mobility sekitar 60 orang.

Nizam dosen yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta program magang dapat mengunjungi laman kompetensi.sumberdaya.kemdikbud.go.id. Adapun untuk program microcredential dapat mengunjungi laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Kemudian untuk beasiswa S2/S3 bisa ke laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

 

Related posts

Mulai Hari Ini, Presiden Joko Widodo: Vaksin Ketiga Covid – 19 Gratis

dadali

Formula E Jakarta di Mulai, Ini Line-up Pembalapnya

dadali

Menuju Pasar Dunia Yuks, Jajal Game Kamu di IGDX 2021

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)