Image default
Uncategorized

Kuba Tertarik Barang Indonesia, Peluang Menarik Nih…

 

Orang Kuba Tertarik Produk Indonesia Ini

 

Situasi Kuba tahun 90 – an seakan tergambarkan dari alur cerita Film Wasp Network. Betapa dekat Kuba dengan negeri Paman Sam, dengan laut biru yang menyegarkan. Suasana kota – kotanya yang dilukiskan penuh tantangan diperkuat oleh kekuatan acting Penelope Cruz sebagai istri pilot yang membelot.

Namun, Kuba pun rasanya dekat dengan kita di Indonesia. Setidaknya itu yang tengah dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Kuba Nana Yuliana. Nana memimpin timnya untuk secara intensif mengadakan pertemuan dengan sejumlah perusahaan ekspor – impor yang terbiasa memasok barang – barang ke Kuba.

Belum lama ini, Nana bertemu dengan Pucara, sebuah perusahaan asal Spanyol,  dan MTG yang berasal dari Chile guna menjajaki pemasaran produk Indonesia melalui kedua perusahaan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Nana menayangkan produk Indonesia yang mempunyai potensi besar untuk dipasarkan di Kuba, antara lain mi instan, tepung terigu, kertas, perabot, produk plastik, hingga furnitur. Barang – barang yang kita anggap biasa di Indonesia. Namun, tidak bagi kedua perusahaan itu.

Dalam siaran resminya yang dipublikasikan melalui laman Kementerian Luar Negeri RI pada Senin, 22 Februari 2021 disebutkan, pertemuan tersebut cukup produktif. Pucara, misalnya, menyatakan ketertarikannya untuk membeli kertas dan APD (Alat Pelindung Diri) asal Indonesia. Adapun MTG tertarik untuk membeli mi instan, tepung terigu, susu dengan berbagai rasa, susu cair murni (whole milk), skim milk (cair)dan  part skim milk (cair).

Nana menyatakan sejauh ini kedua perusahaan tersebut belum pernah menjual produk asal Indonesia. Oleh karena itu, Nana mendorong perusahaan di Indonesia untuk dapat memanfaatkan pasar yang terbuka lebar tersebut, dan KBRI Havana siap untuk memfasilitasinya.

Blokade ekonomi Amerika Serikat terhadap Kuba menyebabkan banyak tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan pemasaran produk-produk Indonesia ke Kuba, antara lain seperti proses pengiriman barang dan pembayarannya yang harus dilakukan melalui negara ketiga di sekitar Kuba. Karena itu Duta Besar Nana Yuliana aktif melakukan penjajakan kepada berbagai perusahaan ekspor impor yang ada di Kuba guna membuka akses pasar produk Indonesia di Kuba secara langsung.

Ekspor utama Indonesia ke Kuba adalah kertas, sabun, minyak hewan dan nabati, glassware, dan furnitur. Dari Kuba Indonesia mengimpor gula, produk farmasi, tembakau dan cerutu, peralatan mesin untuk rumah sakit, kulit mentah, dan minuman keras Nilai total perdagangan kedua negara mencapai US$ 5,7 juta sampai dengan November 2020.

Related posts

Petani Pisang Cavendish Sukabumi, Gunakan Model Bisnis Ekosistem

dadali

Info Bisnis Keren, Koperasi ini Sanggup Jual Kopi ke Starbuck

dadali

BTS Meal dan McD yang Ditutup Lebih Cepat

dadali
Select your currency
USD Dolar Amerika Serikat (US)